Iklan

Rincian Modal Usaha Rumah Makan hingga Buka dan Persiapannya

 

Peluang usaha makanan atau restoran merupakan peluang usaha yang sudah sangat menarik di masyarakat Indonesia. Peluang usaha ini sangat menjanjikan sejak jaman dulu hingga sekarang. Dengan alasan, setiap manusia membutuhkan makan dan minum setiap hari sebagai kebutuhan dasar alami manusia. Oleh karenanya, bisnis kuliner / makanan akan selalu menguntungkan. Ada beberapa macam konsep usaha rumah makan. Seperti rumah makan sederhana, lesehan, lalapan dan prasmanan. Namun untuk membuka bisnis rumah makan tidak mudah. Dibutuhkan beberapa persiapan dalam memulai usaha rumah makan agar bisnis ini berjalan lancar dan menguntungkan terutama dari segi modal.

Rincian Modal Awal Usaha Rumah Makan hingga Buka
Berikut ini rincian modal awal bisnis rumah makan hingga siap buka dan beroperasi, antara lain:
1.Etalase dan meja panjang untuk tempat makan konsumen harga Rp 1 juta
2.Perlengkapan memasak seperti wadah lauk pauk dan sayur harga Rp 200 ribu
3.Peralatan masak di dapur harga Rp 800 ribu
4.Bahan baku sekitar Rp 8 juta
5.Biaya transportasi harga Rp 500 ribu
6. Biaya keamanan, retribusi dan biaya kebersihan harga Rp 500 ribu perbulan
7.Biaya tabung gas harga Rp 200 ribu
8.Perlengkapan usaha seperti plastik bungkus dan kertas bungkus harga Rp 400 ribu
9.Biaya lain-lain harga Rp 400 ribu

Jadi modal usaha yang diperlukan dalam membuka usaha rumah makan secara sederhana sekitar Rp 12 juta. Estimasi keuntungan bersih bisnis rumah makan bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulan.

Persiapan Membuka Bisnis Kuliner Modal Kecil

Penulis mempunyai sebuah lahan kosong di pinggir jalan raya yang strategis dengan pemandangan alam hamparan sawah di desa. Kalau dijadikan usaha warung atau rumah makan konsep sederhana, lesehan dan prasmanan akan sangat tepat. Dan bisa laris manis. Seperti yang penulis saksikan di daerah Karawang dan Purwakarta. Yang penting kunci kesuksesan usaha rumah makan adalah persiapan usaha yang matang.
Berikut ini persiapan dalam membuka rumah makan yang harus diperhatikan supaya usaha dalam bidang kuliner ini berjalan mulus dan menjanjikan, antara lain:
Menu Makanan dan Minuman
Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah memilih menu makanan dan minuman yang akan dihidangkan dalam rumah makan. Pilihlah menu makanan dan minuman yang digemari oleh para konsumen. Misalnya nasi padang sederhana , olahan dari ayam seperti ayam bakar atau opor ayam, olahan dari tempe dan tahu, makanan dari olahan telur dan kuliner lain sebagainya yang disukai banyak orang. Silahkan anda cari sendiri untuk menambahkannya supaya rumah makan anda laris manis diserbu para pembeli.
Lokasi Strategis
Setiap bisnis apapun memerlukan lokasi yang strategis termasuk bisnis restoran. Salah satu ciri tempat yang cocok dijadikan rumah makan adalah persimpangan jalan atau tempat itu ramai dilalui banyak orang baik pejalan kaki atau pengguna kendaraan bermotor. Untuk mendapatkan tempat seperti itu biasanya harus menyewa tempat dengan biaya sewa yang lumayan mahal. Oleh karena itu, untuk menekan pengeluaran usaha rumah makan bagi pemula salah satu caranya adalah membuka rumah makan di depan atau halaman rumah. Mungkin ada ruangan kosong di depan rumah sobat yang dapat dijadikan rumah makan lesehan atau prasmanan.

Kebersihan
Salah satu hal yang sangat penting untuk menunjang keberhasilan bisnis makanan rumahan adalah masalah kebersihan. Setiap orang yang hendak menjadi konsumen restoran dan rumah makan, ia akan bertanya kepada diri sendiri apakah rumah makan ini bersih, higienis, apik, halal dan sehat. Oleh sebab itu, pastikan anda mengolah makanan dari awal produksi secara bersih dan higienis. Pilihlah bahan baku sayuran dan bahan lauk pauk yang masih segar dengan cara higienis, bersih dan halal berdasarkan syariah Islam.
Pernah ada kejadian atau pengalaman buruk seorang pengusaha rumah makan yang sukses mem buka usaha makanan dan laku keras di daerah Sumedang. Suatu hari secara tak sengaja ia mencuci piring di sebuah selokan dekat rumah makan miliknya. Saat itu masyarakat yang melihatnya merasa jijik mengetahui cara membersihkan piring yang tak higienis. Tersebarlah keburukan itu. Sejak itulah usaha rumah makannya menjadi sepi pengunjung hingga bangkrut.

Pastikan pula menu makanan dan minuman yang disajikan dalam rumah makan dalam keadaan segar dan tidak basi. Penulis pernah makan di sebuah rumah makan di daerah Subang dan Sumedang. Nasi dan lauk pauk yang dihidangkan adalah nasi dan menu pendamping kemarin yang diolah lagi. Setelah penulis menyantapnya, perut terasa mual hingga penulis muntah beberapa kali. Hal ini membuat penulis kapok mengunjungi rumah makan tersebut. Jadi pastikan menu makanan, nasi dan minuman dalam keadaan sangat segar dan tidak basi.

Penulis juga pernah mengunjungi sebuah usaha franchise makanan yang di luar banyak sangkar burung. Jelas ini juga akan menimbulkan keraguan dalam konsumen. Jangan-jangan makanan dan kuliner yang disajikan dalam keadaan tak bersih karena bisa saja kotoran dan bulu-bulu dari burung di depan rumah makan tersebut beterbangan dan menempel ke kuliner yang dijualnya. Hal ini bisa mengakibatkan bisnis rumah makan menjadi sepi pembeli yang penulis saksikan belakangan ini. Jadi pastikan rumah makan sobat terjauh dari hal yang meragukan terhadap kebersihan.
Rincian Modal Usaha Rumah Makan hingga Buka dan Persiapannya Rincian Modal Usaha Rumah Makan hingga Buka dan Persiapannya Reviewed by Plasa Busana on April 17, 2012 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.