Iklan

Tips Cerdas dalam Memilih Water Heater Listrik

Jika dilihat dari segi harga, water heater tenaga surya memang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan water heater listrik atau gas. Karenanya, tak heran jika banyak orang masih ragu memilih solar water heater untuk kebutuhan air hangat sehari-hari. Namun apabila dicermati lebih lanjut, water heater jenis ini sebenarnya memiliki banyak keuntungan yang dari segi efisiensi, keamanan, serta dampaknya terhadap lingkungan sekitar. Nah, berikut adalah 3 keuntungan yang akan Anda peroleh dengan menggunakan pemanas air tenaga surya.

1.     
Sumber Energi yang Digunakan Diperoleh Gratis dari Alam
Sesuai dengan namanya, water heater tenaga surya memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi utama untuk memanaskan air. Dari panel surya, energi panas yang didapat dari sinar matahari selanjutnya akan disalurkan ke seluruh instalasi jaringan pipa air menuju ke keran-keran yang ada di kamar mandi. Untuk wilayah Indonesia yang beriklim tropis, menggunakan water heater tenaga surya tentu akan sangat menguntungkan karena sinar matahari sangat melimpah sepanjang tahun. Apabila cuaca sedang dalam kondisi hujan atau mendun, Anda pun tidak perlu khawatir karena solar water heater juga dilengkapi dengan back up heater yang dapat memanaskan air menggunakan energi listrik.

2.     
Menggunakan Teknologi yang Aman dan Ramah Lingkungan
Karena menggunakan sumber energi alami dari sinar matahari, solar water heater sudah pasti lebih aman dan tidak menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan sekitar. Berbeda dengan pemanas air listrik yang biasanya masih menyisakan gas karbon dioksida dari proses pembakarannya. Belum lagi jika terjadi kebocoran pada sirkuit listrik, hal itu tentu sangat membahayakan pengguna karena aliran air dapat menghantarkan arus listrik.

3.      Dalam Jangka Panjang Lebih Hemat Di awal, biaya untuk membeli solar water heater memang lebih mahal jika dibandingkan alat pemanas air lainnya. Namun untuk jangka panjang, biaya operasional yang Anda keluarkan akan jauh lebih hemat daripada Anda menggunakan water heater listrik atau gas. Apabila Anda menggunakan water heater gas, Anda perlu mengganti tabung gas selama beberapa bulan sekali. Sementara apabila menggunakan water heater listrik, Anda harus membayar tagihan listrik yang cukup besar setiap bulannya. Jika dikalkulasi, total biaya yang Anda keluarkan untuk biaya operasional water heater listrik atau water heater gas pada akhirnya jauh lebih banyak. Nah, itulah beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh dengan menggunakan pemanas air tenaga surya. Apabila Anda tertarik untuk memasangnya di rumah, salah satu merek yang cukup direkomendasikan adalah Wika Water Heater. Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi http://wikawaterheater.com/
Tips Cerdas dalam Memilih Water Heater Listrik Tips Cerdas dalam Memilih Water Heater Listrik Reviewed by Plasa Busana on Juni 08, 2012 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.