Iklan

TIPS MENGATASI ANAK BAYI YANG MENANGIS

     http://www.plasabusana.com

Bayi yang rewel dan menangis tidak jarang akan membuat orangtuanya kebingungan. Padahal, ada banyak hal yang bisa Bunda lakukan untuk menenangkannya. Hal terpenting adalah Bunda mengetahui apa sebabnya bayi menangis dengan melakukan hal-hal ini:

1. Cek Popoknya

Segera cek popok bayi tiap kali dia menangis, bisa jadi bayi kencing atau tidak merasa nyaman dengan ikatan popoknya. Jangan mengikat tali popok terlalu keras agar tidak menyakiti bagian tubuhnya. Apabila menggunakan pampers, pastikan menggantinya beberapa jam sekali agar tidak lecet dan bayi tetap merasa nyaman.

2.Coba Berikan Susu

Sekalipun sudah diberi ASI atau susu formula, tidak jarang bayi akan menangis lagi akibat masih merasa lapar.

3.Buat Bayi Bersendawa

Bayi tidak dapat menentukan kapan dia telah merasa kenyang atau perutnya sedang tidak enak. Oleh karena itu, Bunda perlu membiasakan diri dan tidak lupa untuk selalu membuat bayi bersendawa setiap kali selesai menyusu. Posisi yang dianjurkan adalah dengan menegapkannya di pundak Bunda sambil ditepuk pelan.

4.Periksa Tubuhnya

Jika bayi masih saja menangis, coba periksa bagian-bagian tubuhnya. Bisa saja ada gigitan binatang seperti nyamuk atau semut pada bagian tubuhnnya. Cek juga jika dikulitnya ada lecet atau ruam yang mungkin membuatnya merasa nyeri dan gatal. Setelahnya, pastikan perutnya tidak kembung (jika diketuk bunyinya kosong).

5.Usap Perut dan Punggungnya

Mengusap perut bayi dengan menggunakan minyak telon bisa menenangkan, menghangatkan, sekaligus membuang angin yang terdapat pada tubuhnya. Tanpa minyak pun, usapan pada punggung bayi akan menyamankannya.

6.Ubah Posisinya

Bayi menangis bisa jadi karena merasa tidak nyaman dengan posisinya. Coba ganti bantal menggunakan yang lebih datar. Atau miringkan badannya. Lebih baik lagi jika Bunda membiasakan posisi tengkurap pada bayi.

7.Perhatikan Suhu di Sekitar Bayi

Bayi bisa saja menangis karena kepanasan atau kedinginan. Jika ia berkeringat yang umumnya ditandai dengan kepalanya yang basah, berarti bayi merasa kepanasan dan sebaiknya dipakaikan baju yang tidak terlalu tebal. Jika ia kedinginan, dan biasanya disertai cegukan, maka selimuti bayi dengan selimut tipis dengan bahan lembut.

8.Timang Dalam Dekapan

Sentuhan serta pelukan yang terjadi ketika Bunda menimangnya akan sangat menenangkan bayi. Lebih baik lagi jika Bunda menimangnya sambil melakukan gerakan beritme seperti maju mundur, dan mengalunkan senandung lagu.

Bukan hal yang sulit kan Bunda, menenangkan bayi yang menangis. Hal terpenting, Bunda selalu sabar dan memberikan perhatian lebih agar bayi tetap merasa nyaman. Karena setiap bayi akan tertidur dengan nyenyak jika perasaannya tenang.

Semoga bermafaat :)
TIPS MENGATASI ANAK BAYI YANG MENANGIS TIPS MENGATASI ANAK BAYI YANG MENANGIS Reviewed by Plasa Busana on September 30, 2014 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.