Kamis, 09 Oktober 2014

5 Jenis Buah Dengan Kandungan Gula Yang Sangat Tinggi

                       http://www.plasabusana.com/


Mengonsumsi buah-buahan segar sangat baik untuk kesehatan kita semua, terutama saluran pencernaan untuk pemenuhan serat harian supaya terhindar sembelit. Walaupun demikian, beberapa jenis buah dengan kandungan gula yang sangat tinggi dapat meningkatkan tekanan gula darah dan efeknya buruk bagi kesehatan bila terlalu banyak dikonsumsi dalam sehari. Apa saja buah itu ?

1.  Apel
Semua orang tentu senang mengonsumsi buah apel berwarna kulit merah atau hijau. Jus atau smoothie apel dianggap makanan pencuci mulut yang menyegarkan. Faktanya, apel besar mengandung 35 gram karbohidrat sedangkan ukuran kecil mengandung 25 gram karbohidrat. Menurut hasil penelitian, apel besar mengandung gula setara 8,75 sendok teh. Oleh karena itu, jangan pernah memberi gula tambahan ketika membuat jus atau smoothie apel.

2. Delima
Mungkin kita jarang mengonsumsi buah delima segar, kebanyakan tersedia dalam bentuk olahan jadi seperti jus. Tahukah anda bila buah merah ini mengandung 26 gram karbohidrat? Tertinggi kedua setelah apel dan hanya mengandung 1 gram serat. Menurut hasil penelitian, buah delima segar ukuran sedang mengandung gula yang setara 6,5 sendok teh.

3. Pisang
Ternyata pisang termasuk jenis buah dengan kandungan gula yang sangat tinggi. Oleh karena itu, batasi konsumsi harian agar tekanan gula darah tidak meningkat. Satu pisang besar mengandung 25 gram karbohidrat dan 3 gram serat. Bagaimana kandungan gulanya? Setara dengan 6,25 sendok teh!

4. Pir
Bila dilarang makan buah apel terlalu banyak, bolehkah diganti dengan buah pir? Boleh saja, asal tidak terlalu banyak. Meski sumber potassium, pir hijau mengandung 22 gram karbohidrat, 4 gram serat dan gula setara dengan 5,5 sendok teh. Lebih baik mengonsumsi buah pir segar tanpa olahan jus ataupun smoothie.

5. Blueberry
Mengonsumsi buah blueberry menawarkan rasa manis dan sedikit asam, tapi tak bikin bosan dan tak heran bila dianggap cemilan sehat. Meskipun demikian, jangan terlalu banyak makan blueberry karena satu cangkirnya mengandung 20 gram karbohidrat dan kurang dari 3 gram serat. Kandungan gula dalam satu cangkir blueberry setara dengan 5 sendok teh.

Itulah lima jenis buah dengan kandungan gula yang sangat tinggi dan meningkatkan tekanan gula darah. Oleh karena itu, batasi asupan harian dan perhatikan cara penyajian. Jangan pernah memberi gula tambahan ketika membuat jus atau smoothie dengan salah satu daftar buah diatas.

Semoga bermanfaat untuk Anda semua :) 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar