Kamis, 09 Oktober 2014

Tips Mengatasi Sakit Perut Saat Hamil Muda

              
http:www.plasabusana.com/



Beragam keluhan dirasakan oleh wanita ketika menjalani kehamilan untuk pertama kali, salah satunya adalah sakit perut. Sensasi itu akan mulai berjalan pada trimester pertama dan banyak wanita merasa tak nyaman, mereka pun mencari cara mengatasi sakit perut saat hamil muda agar beban selama kehamilan pertama bisa dilewati tanpa keluhan.

Sebelumnya, wanita perlu mencari tahu terlebih dahulu penyebab datangnya sakit perut. Meski beberapa kalangan menyebutkan sakit perut saat hamil muda adalah hal yang wajar, tetapi perlu diwaspadai bila penyebab utamanya berpotensi tinggi mengancam keselamatan janin dan kesehatan rahim.
Seperti yang tertulis di paragraf sebelumnya, mengetahui penyebab utama merupakan cara  terbaik mengatasi sakit perut saat hamil muda. Apa saja penyebab yang patut diwaspadai? Menjelang trimester kedua, wanita hamil akan mengalami kenaikan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Meskipun itu adalah hal yang sering terjadi, wanita akan merasa sedikit pusing yang disertai kram perut. Hipertensi terjadi akibat peningkatan jumlah kandungan protein di dalam darah yang berpengaruh langsung ke pembuluh darah. Wanita hamil muda disarankan meluangkan waktu untuk beristirahat lebih banyak, entah tiduran atau duduk.

Mengonsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayuran sangat direkomendasikan. Asupan gizi seimbang sanggup mengatasi perubahan hormon. Pada trimester pertama, kadar hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang yang terkadang memicu terjadinya kontraksi Braxton Hicks. Reaksi tersebut akibat penguatan otot-otot rahim, dimana tulang-tulang sekitar panggul melebar atau merenggang.

Selain pelebaran tulang panggul, pertumbuhan janin di dalam rahim akan berpengaruh langsung pada rusuk. Tulang-tulang rusuk akan merenggang agar kuat menopang pertumbuhan janin yang kian membesar. Kram perut tentu akan sangat menyiksa, para wanita pun merasa tak nyaman akan kondisi tersebut. Cara mengatasi sakit perut saat hamil muda akibat perenggangan rusuk adalah olahraga ringan dan banyak istirahat.

Wanita hamil memang dianjurkan berolahraga ringan guna mengurangi kram perut akibat perenggangan tulang rusuk dan panggul. Berjalan sekitar lingkungan rumah di pagi atau sore hari, berenang ataupun menaiki anak tangga sudah cukup membantu. Ada gejala yang wajib diwaspadai ibu muda, salah satunya adalah tekanan berkepanjangan di daerah pinggul dan perut bagian bawah, yaitu area ginjal. Oleh karena itu, wanita hamil muda disarankan rutin mengecek kehamilan ke dokter kandungan.

Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Hamil Muda

Intinya, ada tiga cara mengatasi sakit perut saat hamil muda yang wajid diperhatikan, yaitu banyak istirahat, asupan gizi seimbang atau perbanyak buah/sayuran dan hindari stres berkepanjangan.


Semoga bermanfaat untuk Anda semua :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar