Jumat, 10 Oktober 2014

Penyakit Akibat Kurang Vitamin D

                     http://www.plasabusana.com/


Jika Anda ingin memiliki tubuh sehat, maka jangan ragu mendapatkan sinar matahari pagi. Meski memang ingin menjaga kulit tetap putih atau berusaha memutihkan kulit, namun sinar matahari sangat penting untuk kesehatan lebih dari warna kulit Anda. Ini karena sinar matahari memiliki vitamin D yang memiliki banyak manfaat terutama untuk tulang dan perkembangan otot yang sehat.

Beberapa penyakit yang bisa datang diakibatkan karena dipicu oleh kurangnya asupan vitamin D dalam tubuh. Beberapa penyakit tersebut yang perlu anda ketahui adalah :


1. Demensia
Sebuah studi baru-baru ini telah menerbitkan dalam jurnal Neurology bahwa kekurangan vitamin D level menengah dan rendah yang parah pada orang dewasa tua bisa meningkatkan dua kali lipat risiko terserang demensia. Hal ini juga sangat mungkin meningkatkan potensi terserang Alzheimer, yang merupakan bentuk umum dari demensia. Orang-orang yang sangat kekurangan vitamin D memiliki 125 persen peningkatan risiko, dibandingkan dengan orang dengan tingkat vitamin D normal.

2. Skizofrenia
Penyakit mental juga bisa terjadi jika Anda kekurangan vitamin D, salah satunya adalah skizofrenia. Orang akan mengalami semacam halusinasi, mendengar suara-suara lain di dalam otaknya dan memiliki kepribadian ganda. Meski memang hal ini terjadi lebih sering karena trauma hebat, tapi orang yang kekurangan vitamin D bisa dua kali lipat mungkin didiagnosis dengan skizofrenia dibandingkan dengan orang dengan tingkat vitamin D yang cukup.

4. Kanker prostat dan disfungsi ereksi
 Pasangan Anda juga perlu tahu tentang hal ini, karena ternyata menurut sebuah penelitian, menemukan hubungan antara kadar vitamin D rendah dan kanker prostat agresif pada pria Eropa-Amerika dan Afrika-Amerika. Hal ini mungkin jarang terjadi di Indonesia karena kebanyakan pria Indonesia tidak takut dengan sinar matahari dan masih belum ada penelitian terhadap pria Asia.

5. Penyakit jantung

Vitamin D yang kurang juga memiliki potensi sebabkan penyakit jantung. Para peneliti menemukan pada pasien jantung koroner bahwa mereka juga kekurangan vitamin D yang cukup parah dalam arteri.


 Gejala kurangnya vitamin D termasuk timbulnya nyeri tulang, kelemahan otot, peningkatan tekanan darah, dan depresi. Jadi, jika tidak ingin terkena penyakit-penyakit tersebut, Anda juga harus meluangkan waktu pagi Anda untuk mendapatkan sinar matahari yang sehat.

Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar