Kamis, 02 Oktober 2014

CARA MENENANGKAN HATI DALAM ISLAM

                 http://www.plasabusana.com/

Hati adalah tempat terdalam dari diri manusia yang dapat di katakan sebagai pusat terbentuknya kepribadian kita. Hati juga merupakan sebongkah karunia dari Allah, dengan adanya hati kita dapat merasakan adanya kekecewaan, kemarahan, kebahagiaan, serta kesedihan dan lain sebagainya.
Kalau hati kita tentram hidup kita juga akan terasa tentram damai , apabila hidup kita banyak mengundang kemarahan , kesedihan hidup kita pun juga akan sedih (GALAU) .

Berikut cara mengobati / menenagkan hati menurut islam :


1. Istigfar
Hal pertama yang paling mudah dan tak jarang juga selalu terlupakan adalah istigfar, atau memohon ampun kepada Allah dan selalu mengucap "astagfirullahal adziym, alladzi laa illaaha' illaullahuwal hayulqoyum wa' atubuu illaiih" di setiap waktu untuk menjaga hati bila sewaktu-waktu ada hal buruk tak terduga. (nauzubillah) .

2. Berwudhu
Dengan berwudhu, kita sama seperti mancurahkan 8 (delapan) do'a di setiap rukun wudhu tersebut , Manfaat berwudhu juga dapat langsung kita rasakan setelah melakukannya, yaitu kesegaran dari air suci yang kita gunakan untuk mebasuh beberapa anggota tubuh kita.

3. Sholat
Bukan hanya sholat wajib (fardu') saja yang dapat menenangkan hati, sholat sunnah pun akan bermanfaat sama bila kita sungguh-sungguh dan benar-benar khusyuk mengerjakannya.
Karena sholat adalah titik terdekat kita kepada sang Khalik . Dan sholat memberikan beragam manfaat yang insyaAllah kita dapatkan.

4. Dzikrullah
Dzikir, atau mengagungkan Allah, mensucikan keesaan Allah, mengindahkan Allah.
Segala sesuatu yang dipuji akan memberikan timbal balik yang sama besarnya. Begitupun dengan berdzikir yang menyerukan nama baik Allah, maka Dia akan memberikan apa yang kita inginkan dan akan menenangkan hati kita.

5. Membaca Al-Qur'an
Melantunkan ayat suci Al-Qur'an juga dapat menimbulkan benih ketentraman dalam jiwa yang berpengaruh pada hati. Ini di sebabkan kandungan arti dalam ayat yang terserap oleh rohani kita membuahkan aura positif, tentu saja di iringi dengan kemauan yang kuat untuk mebaca agar mendapat nilai yang maksimal.










Itu lah 5 cara menenangkan jiwa kita , karena dengan hidup tenang insyaallah Allah akan berkahi hidup kita selalu . dan jangan menjauh dengan Allah karena hanya Allah lah yang selalu ada saat kita susah maupun senang .
terimakasih dan semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar